Banyak hoax, inilah makam Nabi Muhammad yang sebenarnya

383

Di berbagai media sosial banyak bertebaran informasi seputar makam yang disebut-sebut sebagai makam Nabi Muhammad SAW, padahal kalau saja kita semua tahu, makam baginda nabi adalah makam yang paling tertutup dan tidak semua orang diperkenankan mengambil gambarnya. Bahkan makam yang letaknya di bagian samping dari Masjid Nabawi ini hanya bisa dimasuki oleh orang-orang tertentu dan pada waktu-waktu tertentu saja.

Setiap jemaah maupun para penziarah yang berkunjung ke Masjid Nabawi hanya bis melihat makam dari luarnya saja melalui sebuah lubang kecil. Dari lubang itu saja kita tidak bisa benar-benar melihat keseluruhan makamnya karena terhalang oleh dinding tembok yang mengelilingi makam baginda Nabi berama dua sahabatnya, yaitu Abu Bakar dan Umar bin Khatab.

Peraturan di sana sangatlah ketat, tidak seorang pun diperkenankan masuk apalagi mengambil gambarnya. Oleh karenanya, jika anda kebetulan mendapatkan informasi dan melihat foto-foto yang disebut-sebut sebagai makam Nabi SAW yang bentuknya seperti kuburan para Nabi dan orang-orang Sholeh, maka kemungkinan besar makam tersebut bukanlah Makam Nabi Muhammad SAW yang sebenarnya.

Jangan percaya hoax

Di media sosial seperti facebook, instagram, atau twitter sering kita dapati sebuah foto yang menggambarkan sebuah makam yang ditutupi kain berwarna hijau dengan bertuliskan ayat-ayat Al-Quran berwarna kuning emas. Itu sebenarnya bukanlah makam Rasulullah SAW.

Adapun makam Rasulullah hanya berupa sepetak tanah berpasir yang disampingnya terdapat makam Abu Bakar dan makam Umar bin Khatab. Kuburan ketiganya rata dengan tanah di sekitarnya.

Beberapa foto-foto yang selama ini beredar dan menyebutkan mengenai makam Nabi Muhammad SAW tapi sebenarnya bukan, adalah sebagai berikut:

Gambar makam yang dikatakan makam Nabi Muhammad SAW
Gambar makam yang dikatakan makam Nabi Muhammad SAW

 

Foto di atas adalah foto makam yang sering dikatakan sebagai Makam Rasulullah SAW, padahal makam tersebut sebetulnya adalah makam Jalaludi Rumi.

Gambar ini adalah gambar makam Maulana Jalaludin Ar-Rum yang terletak di Konya, Turki

Makam Maulana Jalaluddin Ar-Rumi di Konya, Turki.
Makam Maulana Jalaluddin Ar-Rumi di Konya, Turki.

 

Gambar di bawah ini juga kerap disebut-sebut sebagai makam Nabi Muhammad SAW, namun berdasarkan dari banyak sumber menyebutkan kalau makam tersebut adalah makam Usman Ghazi, seorang Sultan pertama dari Kesultanan Usmaniyah (Ottoman).

Gambar hitam putih makam (kiri yang sering dianggap makam Rasulullah , gambar kanan adalah foto aslinya
Gambar hitam putih makam (kiri yang sering dianggap makam Rasulullah , gambar kanan adalah foto aslinya

 

Wallahu alam …

Makam Nabi Muhammad SAW

Sepetak tanah yang digunakan sebagai makam Rasulullah dan dua sahabatnya itu dulunya adalah rumah atau kamar istri Rasulullah yaitu Aisyah, dan kini dikelilingi oleh dinding tembok yang terbuat dri batu hitam yang pertama kalinya direkonstruksi semasa kepemimpinan Umr Bin Abdul Aziz. Di atas dinding tersebut dipasang batu putih berbentuk bulatan yang berfungsi sebagai atap.

Di bagian luar berdiri kokoh 2 dinding tembok pembatas yang berbentuk pentagonal tak beraturan. Tembok rumah Aisyah dan tembok pentagonal itu sendiri pertama kali dibangun oleh Umat Bin Abdul Aziz pada tahun 91 Hijriah.

Pada tahun 654H terjadi kebakaran yang menghancurkan struktur Masjid Nabawi dan pembangunannya kembali selesai pada tahun 678H oleh Al-Zahir Baybars.

Pada tahun 886H (1481 M) Masjid tersabar petir yang mengakibatkan kebakaran. Kemudian Sultan Qutaybi merenocasi keseluruhan bangunan termasuk membangun tembok pentagonal kedua dari kuburan yang masih bertahan hingga saat ini.

Untuk lebih jelasnya, silakan simak video 3d arsitektur Masjid Nabawi dengan lokasi Makam Nabi Muhammad SAW beserta Makam Abu Bakar dan Makam Umar bin Khatab.

 

 

Semoga bermanfaat

 

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here