Penyebab dan Pencegahan Kanker Payudara

22
tips kanker pay

Kanker payudara merupakan kanker yang menyerang pada bagian payudara yang disebabkan keganasan sel-sel jaringan pada payudara. Kanker seperti ini bisa terjadi Sjika sel-sel pada bagian organ payudara tumbuh dengan mekanisme yang tidak normal, sel tersebut akan membelah diri dan lebih cepat untuk membentuk benjolan.

Resiko yang ditimbulkan seiring bertambahnya usia, maka wanita usia 50 hingga 70 tahun sangat dianjurkan untuk memeriksakan diri minimal 3 tahun sekali. Tak hanya pada usia lanjut saja, tidak sedikit juga usia 20-an pun beresiko mengalami kanker payudara. Perawatan Kanker Payudara hingga penyembuhan membutuhkan waktu yang cukup panjang dan seirus hingga sembuh dan kanker tersebut benar-benar hilang dari tubuh.

Penyebab timbulnya sel kanker tersebut tiada lain ditandai dengan adanya gejala-gejala yang dapat dirasakan pada bagian payudara terdapat benjolan, perubahan ukuran payudara, perubahan pada puting payudara hingga keluar cairan pada payudara. Namun faktor penyebabnya berasal dari paparan radiasi, mewariskan gen yang meningkatkan risiko terjadinya kanker, memiliki riwayat kanker payudara pada keluarga, risiko meningkat seiring bertambahnya usia, sudah pernah terjadi sebelumnya, menstruasi dini dan masih banyak lagi. Tentunya banyak faktor yang mempengaruhi juga, salah satunya dari pola hidup yang tidak sehat seperti makanan yang mengandung MSG berlebih, makanan dan minuman yang mengandung bahan pengawet, serta kurang memeriksakan sejak dini.

Adapun untuk pengobatan kanker payudara dapat dilakukan dengan berbagai tindakan, seperti:

  • Memilih obat kanker payudara, baik dari medis maupun dari bahan-bahan alami yang banyak dijual di pasaran serta informasi mengenai tanaman herbal untuk mengobati kanker.
  • Melakukan pembedahan, pembedahan ini dilakukan untuk mengangkat sel kanker, pembedahan ini dapat dilakukan masih stadium awal, namun untuk kanker stadium akhir disarankan mengingat penyebarannya mungkin sudah menjalar dan bersisiko lain.
  • Melakukan kemoterapi, tujuannya untuk menghindari jika kemungkinan kanker tersebut kembali.
  • Terapi hormone, untuk membantu mengekang pertumbuhannya, penyebarannya, hingga membatasi penyebaran.
  • Radiasi, tujuannya untuk mengurangi kemungkinan kanker tersebut kembali.
  • Terapi biologis, dilakukan untuk menggunakan system kekebalan pada tubuh dan mengekang kanker tersebut.

Dengan pola hidup sehat, maka penyakit apapun bisa diminimalisir dengan baik. Apalagi jika mengidap penyakit serius seperti kanker payudara tak hanya mengganggu kesehatan, tapi juga dapat mematikan. Dapatkan informasi seputar kesehatan lainnya hanya Guesehat!.

SHARE

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here